Skip to main content

Blog entry by Beatris Harman

Dhapur Jalak Sumelang Gandring Archives

Dhapur Jalak Sumelang Gandring Archives

Baikjuga dipunyai oleh yang bersifat brangasan, suka marah tetapi kurang baik dipunyai oleh mereka yang masih aktif bekerja. Gumbolo Geni.Sering juga disebut "Gumbolo Agni" atau "Gumbolo Gromo". Letaknya ditengah sor-soran dan gambarnya seperti "binatang Kala" dengan posisi ekor seperti menyengat. Tuahnya baik, wibawanya besar dan bisa untuk "singkir baya", baik dimiliki oleh pimpinan sipil ataupun militer. Tumpal Keli.Tuahnya baik untuk pergaulan.

Tidak memilih dan umumnya cocok untuk siapapun. Pusaka tersebut direndam dalam sumber air sebagai proses akhir pendinginan besi keris. Karena kekuatannya, celupan keris buatannya itu mendidihkan air yang terletak di tengah Candi Supo atau Candi Songgoriti. Juga, bau keris besi terkait dengan bau air panas di Candi Supo hingga hari ini. Empu Supo alias Mbah Patok juga dikenal sebagai pembuat keris dengan kekuatan luar biasa.

600Contoh dhapur-dhapur Keris diatas memberikan tanda bahwa detail sebuah dhapur wallpaper keris pusaka itu berbeda-beda antara satu dengan lainnya.

Masyarakat Jawa menafsirkan bentuk dari bilah Keris bukan sekedar untuk memberikan sajian tentang kekuatan (fisik) dan keindahan (artistik) belaka. Pada bagian-bagian simboliknya juga memiliki makna-makna yang mendalam yang mengandung pesan moral, etika dan spiritual. Jenis dan bentuk Keris juga bermacam-macam, ada yang lurus dan ada yang berlekuk (luk). Untuk Keris luk jumlah luknya mulai dari luk 3 sampai luk 29. Tapi ada juga yang berpendapat bahwa luk Keris dimulai dari luk 1, contohnya Keris Sengkol. Akibat kejadian itu, bangunan bagian dapur yang terbuat dari kayu, laptop, kulkas, LCD TV, kursi, meja, kompor, LPG 3 kilogram, dan bahan jualan ludes terbakar.

Bentuknya agak mirip pamor Melati Rinonce, hanya bedanya pada bulatannya ada semacam gambar "lubang". Tuah dari Jalak Sumelang Gandring dipercaya dapat membawa kemakmuran, kesejahteraan, pengayoman, serta memberikan pancaran energi positif yang membuat disukai banyak orang. Selain itu keris ini juga dipercaya dapat meningkatkan spiritualitas seseorang.

  • Share

Reviews